Sejarah

Unduh dokumen resmi AD dan ART yang menjelaskan dasar-dasar organisasi, aturan operasional, serta prosedur internal yang menjadi pedoman dalam menjalankan kegiatan AP2TPI

Perubahan sosial yang cepat dan kompleks mengakibatkan dibutuhkannya kemampuan yang memadai dari para lulusan Pendidikan Psikologi untuk dapat mengikuti, mengatasi dan memecahkan secara monodisipliner, multidisipliner ataupun interdisipliner dari berbagai masalah yang dialami oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu perlu upaya menyamakan pandangan dalam merumuskan sistem Pendidikan Psikologi di Indonesia yang antisipatif terhadap perkembangan zaman yang ada, khususnya dalam menghadapi pasar bebas dan perkembangan teknologi. Upaya awal yang telah dilakukan adalah penyelenggaraan Lokakarya Nasional Pendidikan Psikologi/Profesi pada tahun 1998 oleh empat Perguruan Tinggi Negeri (UI, UNPAD, UGM dan UNAIR) dan Himpunan Psikologi Indonesia, yang kemudian disebut sebagai Kolokium Psikologi. Empat Perguruan Tinggi Negeri dan Himpsi inilah yang dianggap sebagai pemrakarsa dari Kolokium Psikologi.

Kepengurusan pertama dari Kolokium Psikologi Indonesia untuk mempersiapkan pendirian Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi merupakan hasil mandat Rapat Pleno Kolokium Psikologi Indonesia ke XIX di Padang yang dihadiri oleh Dekan Fakultas atau Ketua Program Studi Psikologi dari Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Padang, Universitas Atma Jaya Jakarta, Universitas Islam Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Islam Indonesia, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, dan Universitas Nusa Nipa. Tugas Pengurus Kolokium Psikologi Indonesia dalam peralihan menjadi Pengurus Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia adalah menyiapkan pembentukan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Psikologi Indonesia dan membantu proses penyusunan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Indonesian Qualification Framework) Pendidikan Psikologi Indonesia.

Tujuan Pendidikan Tinggi Psikologi adalah membentuk ilmuwan Psikologi dan Psikolog yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam menyelesaikan tugasnya; berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, serta mendukung perdamaian dunia; mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya; menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Pendidikan Tinggi Psikologi di Indonesia dapat memberi kontribusi kepada bangsa dan negara di bidang Ilmu Psikologi yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia. Oleh karena itu sudah sewajarnya Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi saling bekerjasama dalam suatu wadah guna terwujudnya Pendidikan Tinggi Psikologi yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat global, dalam bentuk Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia.

Visi

Visi

  1. Menyelenggarakan pentadarma (pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kegiatan kemahasiswaan dan kemitraan) yang terintegrasi dan kompetitif sesuai kebutuhan seluruh pemangku kepentingan;
  2. Melaksanakan pengembangan ilmu psikologi melalui riset berkaliber internasional dan kemitraan strategis sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kehidupan masyarakat;
  3. Menjalankan pengelolaan pentadarma yang profesional dan akuntabel untuk meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan dan reputasi Fakultas Psikologi;
  4. Membentuk insan akademik yang memegang teguh kode etik psikologi, berjiwa kepemimpinan, serta berorientasi pada keluhuran budaya lokal dan nasional di dalam keragaman budaya dunia.

Misi

Misi

  1. Menyelenggarakan pentadarma (pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kegiatan kemahasiswaan dan kemitraan) yang terintegrasi dan kompetitif sesuai kebutuhan seluruh pemangku kepentingan;
  2. Melaksanakan pengembangan ilmu psikologi melalui riset berkaliber internasional dan kemitraan strategis sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kehidupan masyarakat;
  3. Menjalankan pengelolaan pentadarma yang profesional dan akuntabel untuk meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan dan reputasi Fakultas Psikologi;
  4. Membentuk insan akademik yang memegang teguh kode etik psikologi, berjiwa kepemimpinan, serta berorientasi pada keluhuran budaya lokal dan nasional di dalam keragaman budaya dunia.

Tujuan

Tujuan

  1. Menyelenggarakan pentadarma (pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kegiatan kemahasiswaan dan kemitraan) yang terintegrasi dan kompetitif sesuai kebutuhan seluruh pemangku kepentingan;
  2. Melaksanakan pengembangan ilmu psikologi melalui riset berkaliber internasional dan kemitraan strategis sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kehidupan masyarakat;
  3. Menjalankan pengelolaan pentadarma yang profesional dan akuntabel untuk meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan dan reputasi Fakultas Psikologi;
  4. Membentuk insan akademik yang memegang teguh kode etik psikologi, berjiwa kepemimpinan, serta berorientasi pada keluhuran budaya lokal dan nasional di dalam keragaman budaya dunia.

Pengajar & Promotor

Pengajar & Promotor

Tenaga pendidik Fakultas Psikologi Unpad memiliki kualitas unggul dan pengalaman yang luas dalam berbagai bidang psikologi. Para tenaga pendidik tidak hanya ahli dalam mengajar konsep dan teori psikologi, tetapi juga aktif terlibat dalam penelitian dan publikasi ilmiah.

Pengajar

Dosen-dosen Fakultas Psikologi Unpad memiliki kualitas dan profesionalitas yang menjadi landasan kuat dalam memberikan pendidikan tinggi. Dengan komitmen tinggi terhadap pengajaran, penelitian, dan pelayanan masyarakat, dosen Psikologi Unpad mampu membentuk lingkungan akademis yang dinamis dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan intelektual mahasiswa.

Promotor

Promotor disertasi di perguruan tinggi memiliki tanggung jawab membimbing dan mendukung mahasiswa doktoral dalam merancang, melaksanakan, dan menyelesaikan disertasi mereka. Peran ini melibatkan pemberian arahan akademis, bimbingan metodologis, serta penilaian terhadap kontribusi penelitian yang dihasilkan oleh mahasiswa.

Tenaga Kependidikan

Tenaga Kependidikan

Tulang punggung administrasi dan operasional di Fakultas Psikologi yang memiliki peran vital dalam memastikan semua proses berjalan dengan lancar, mulai dari pelayanan administratif hingga dukungan teknis.

Penjamin Mutu

Penjamin Mutu

Kami melaksanakan sistem penjaminan mutu akademik dan evaluasi internal penjaminan mutu sesuai yang telah ditetapkan oleh Universitas Padjadjaran, juga mengoordinasikan proses penjaminan mutu di seluruh unit kerja, termasuk melaksanakan pengembangan dan pelaksanaan standar mutu dan audit internal.

Kehidupan Kampus

Berkuliah di Fakultas Psikologi Unpad merupakan suatu pengalaman yang tidak terlupakan. Suasana belajar di kampus sangat mendukung bagi para dosen maupun antar mahasiswanya. Lokasi strategis, kelengkapan fasilitas kampus, dan kegiatan mahasiswa yang tersedia juga memberikan kenyamanan dan kesempatan pengembangan diri.