S-2 Magister
Psikologi Profesi
Sesuai dengan amanat diberlakukannya Undang-Undang Pendidikan dan Layananan Psikologi (UU PLP) No.23 Tahun 2022 mengenai program pendidikan psikologi serta layanan psikologi dan Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran No.74/UN6.RKT/Kep/HK/2024, maka dengan ini kami informasikan bahwa Program Studi Magister Psikologi Profesi (S-2) akan ditutup dan digantikan dengan Program Studi Psikologi Profesi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas dalam praktek keilmuan dan pengembangannya.
- Memahami pengetahuan dasar Psikologi yang meliputi konsep dan teori sebagai dasar untuk mendiagnosa/menginterpretasikan tingkah laku manusia (baik individu, kelompok, maupun komunitas) berdasarkan kerangka pemikiran psikodiagnostik.
- Memahami dan menguasai prinsip-prinsip dasar asesmen dan intervensi Psikologi.
- Mampu melakukan serta terampil dalam menggunakan metoda asesmen dan intervensi Psikologi.
- Memiliki kepekaan dan keterampilan untuk mengamati, menganalisis, mengevaluasi, merumuskan, dan menjelaskan permasalahan biopsikososial yang terjadi dalam kehidupan manusia.
- Memiliki motivasi tinggi untuk mengikuti dan mengupayakan perkembangan ilmu psikologi, baik sebagai ilmu murni maupun terapan yang mencakup konsep, teori, metoda, dan alat-alat asesmen.
- Menerapkan konsep dan teori psikologi sebagai dasar asesmen/ psikodiagnostik dan intervensi/psikoterapi.
- Memiliki keterampilan asesmen/ diagnostik dalam mengadministrasikan, menganalisis dan menginterpretasikan data-data asesmen.
- Memiliki keterampilan melakukan intervensi/ psikoterapi yang bersifat individual, kelompok dan komunitas.
- Memiliki motivasi tinggi untuk mengikuti dan mengupayakan perkembangan ilmu psikologi sebagai ilmu terapan yang mencakup konsep, teori, metode asesmen, dan intervensi.
- Berfikir, bersikap, bertindak dan mempertanggungjawabkan praktek profesinya berlandaskan kode etik profesi psikologi Indonesia.
- Mampu mengikuti perkembangan terapan psikologi dengan menggunakan teknologi mutakhir.
- Mampu melakukan penelitian terapan untuk memecahkan permasalahan dengan menggunakan kaidah-kaidah psikologi.
- Mampu mensinergikan pengetahuan psikologi dengan bidang- bidang ilmu dalam kegiatan penelitian terapan.
- Mampu melakukan kerjasama dengan ahli-ahli lain dalam menjalani praktek psikologi untuk melayani masyarakat.
Kurikulum
Kuliah Profesi Psikologi berlangsung selama 4 semester dengan batas maksimum lama studi 10 semester. Mahasiswa menempuh mata kuliah sebanyak 44-45 SKS dengan menggunakan kombinasi dari metode-metode pembelajaran yang efektif.
- Memiliki kemampuan sebagai asesor dalam bidang klinis dewasa dengan menguasai keterampilan dalam menggunakan instrumen psikodiagnostik klinis dewasa serta teknik observasi dan interview serta menganalisis kasus-kasus klinis dewasa untuk memahami perilaku pasien/ klien secara tepat dan akurat, baik untuk klien dewasa.
- Memiliki kemampuan sebagai konselor dan terapis dalam bidang psikologi dewasa sehingga mampu melakukan intervensi klinis melalui konseling, psikoterapi, dan terapi psikologis lainnya
- Memiliki kemampuan sebagai trainer dalam bidang psikologi klinis dewasa sehingga mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, serta mengembangkan berbagai pelatihan
- Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang bersifat lapangan dalam pengembangan pelayanan psikologi klinis dewasa
- Mampu menulis karya ilmiah dan hasil peneltiian dalam bidang psikologi klinis dewasa
- Memiliki kemampuan sebagai asesor dalam bidang klinis anak dan remaja dengan menguasai keterampilan dalam menggunakan instrumen psikodiagnostik klinis anak dan remaja serta teknik observasi dan interview serta menganalisis kasus-kasus klinis anak dan remaja untuk memahami perilaku pasien/ klien secara tepat dan akurat, baik untuk klien anak dan remaja.
- Memiliki kemampuan sebagai konselor dan terapis dalam bidang psikologi anak dan remaja sehingga mampu melakukan intervensi klinis melalui konseling, psikoterapi, dan terapi psikologis lainnya
- Memiliki kemampuan sebagai trainer dalam bidang psikologi klinis anak dan remaja sehingga mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, serta mengembangkan berbagai pelatihan
- Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang bersifat lapangan dalam pengembangan pelayanan psikologi klinis anak dan remaja
- Mampu menulis karya ilmiah dan hasil peneltiian dalam bidang psikologi klinis anak dan remaja
- Memiliki kemampuan sebagai asesor dalam bidang pendidikan dengan menguasai keterampilan dalam menggunakan instrument psikodiagnostik pendidikan serta teknik observasi dan interview maupun menganalisis kasus-kasus pendidikan untuk memahami perilaku anak didik/ klien secara tepat sehingga dapat mengatasi permasalahan pendidikan maupun menempatkan anak didik sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya dalam program atau jurusan tertentu
- Memiliki kemampuan sebagai konselor dalam bidang Psikologi Pendidikan, sehingga mampu merancang dan melaksanakan konseling serta melaksanakan tindak lanjutnya baik untuk anak-anak sekolah umum maupun sekolah luar biasa
- Memiliki kemampuan sebagai trainer dalam bidang Psikologi pendidikan, sehingga mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, serta mengembangkan berbagai pelatihan dalam bidang psikologi pendidikan
- Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang bersifat lapangan dalam pengembangan pelayanan psikologi pendidikan
- Mampu menulis dan mempublikasikan karya ilmiah dan hasil penelitian dalam bidang psikologi pendidikan
- Memiliki kemampuan sebagai asesor dalam bidang PIO, baik untuk jabatan, persyaratan pekerjaan, karakteristik individu melalui tes psikologi, wawancara dan work sample serta cala lain untuk melakukan seleksi, penempatan, dan pemetaan individu sesuai dengan persyaratan pekerjaan
- Memiliki kemampuan sebagai trainer dalam bidang PIO sehingga mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi serta mengembangkan berbagai jenis pelatihan dengan melakukan analisis kebutuhan pelatihan, merancang program pelatihan, melakukan transfer of training, serta mengevaluasi program pelatihan.
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar seabgai konsultan dalam bidang PIO melalui upaya perubahan dan pengembangan perusahaan baik dari level individu, kelompok, maupun organisasi.
- Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang bersifat lapangan dalam pengembangan pelayanan psikologi industri & organisasi
- Mampu menulis dan mempublikasikan karya ilmiah dan hasil penelitian dalam bidang psikologi industri & organisasi
Karir
Alumni Testimonials

"Magister Psikologi Profesi Unpad memiliki kekhususan tersendiri dalam menghasilkan lulusan yang memiliki cara pandang berbasis eviden. Pijakan data dan informasi ilmiah ini yang menjadikan lulusannya dibekali kerangka berpikir yang analitik dan strategik namun berbasis konteks terutama pada praktik psikodiagnostika. Bekal ini yang membuat cara pandang saya menjadi kritis namun tetap adaptif terhadap tuntutan pekerjaan. Selain mengaplikasikan keahlian profesi sebagai Psikolog dengan tajam, modalitas berpikir strategik membuat saya juga mampu bekerja di luar area Psikologi seperti melakukan kajian kebijakan pemerintah dan monev program berbasis output-outcome dengan memperhatikan dimensi politik."
Raden Akbar Fajri S.
HR Team and Advisor for Human Right Affairs Policy, Kantor Staf Presiden Republik Indonesia
"Menjadi almamater fakultas psikologi Unpad merupakan salah satu kebanggaan terbesarku. Masa perkuliahanku disana merupakan momen paling berharga yang banyak memberikan bekal ilmu untuk mengantarkanku kepada karirku saat ini. Bekal perkuliahan yang didapatkan betul betul teraplikasikan pada tuntutan pekerjaan saat ini. Berbagai pengalaman organisasi dan kegiatan yang dilakukan selama perkuliahan pun menjadi modal utama diriku untuk berperilaku, bersikap, dan berinteraksi dengan baik di lingkungan pekerjaan. Relasi dengan para dosen di Fakultas Psikologi Unpad yang berlandaskan keakraban, kehangatan, serta profesionalisme juga membuat aku dan para mahasiswa seperti memiliki rumah kedua."
Amanda
Founder & CEO<br>Talentsights.id
“Banyak hal yang bisa diperoleh dengan berkuliah di Psikologi Unpad, mulai dari pembelajaran yang sistematis, ilmu yang mendalam, hingga lingkungan belajar yang mendukung. Namun, bagi saya pribadi, hal yang paling menunjang pertumbuhan saya selama berkuliah di Psikologi Unpad adalah para dosen yang berkarakter dan menghidupi keilmuan yang mereka tekuni. Kepribadian dosen yang inspiratif dan dedikasi mereka terhadap bidang ilmu psikologi memberikan pengaruh besar dalam cara saya memandang dan menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kehangatan dan keakraban yang terjalin selama masa perkuliahan membuat saya merasa seperti memiliki keluarga kedua di Psikologi Unpad.”
Nago Tejena, M. Psi., Psikolog
Psikolog, Manager Bali Usada, Ketua IPK HIMPSI Bali
“Saya merasa sangat beruntung bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang Psikologi di Magister Profesi Psikologi Unpad. Di sini, saya tidak hanya belajar teori-teori Psikologi dengan lebih mendalam tetapi juga bagaimana menerapkan ilmu tersebut untuk memahami manusia secara lebih komprehensif dan berkontribusi positif bagi masyarakat luas. Kurikulum yang komprehensif serta kehadiran staf dosen yang profesional dan inspiratif memberikan pengalaman belajar yang berharga. Tugas dan kesempatan untuk mengikuti praktik di lapangan membantu saya mempertajam cara berpikir yang sistematis dan kritis serta kepekaan terhadap kondisi masyarakat, yang merupakan keterampilan yang sangat berharga untuk berperan sebagai ilmuwan dan praktisi. Selain itu, nilai-nilai RESPECT yang menjadi spirit akademik di Unpad sangat menginspirasi saya dalam berkarya, baik sebagai dosen maupun psikolog.”
Maria Nugraheni Mardi Rahayu
Dosen di Fakultas Psikologi UKSW, Psikolog di Pusat Layanan Psikologis Satya Wacana, dan Professional Consultant di EDUCO Trainers
Menimba ilmu sebagai mahasiswi Magister Psikologi Profesi adalah salah satu hal yang tidak pernah saya sesali. Tidak hanya belajar teori dan praktik psikologi secara mendalam, saya juga belajar untuk mengasah dan mengembangkan berbagai keterampilan, mulai dari kematangan berpikir, kematangan emosional, empati, kemampuan observasi, sampai rasa tanggung jawab dan kejujuran dalam menjunjung tinggi profesi. Hal tersebut terasa sangat berdampak saat saya bekerja secara langsung. Dukungan dan bimbingan dari para dosen yang berpengalaman serta lingkungan akademik yang kondusif membuat proses belajar saya menjadi lebih bermakna. Semua ini memberikan dasar yang kuat bagi saya untuk berkarir di bidang psikologi, baik dalam konteks klinis maupun dalam pengembangan program-program intervensi yang efektif. Hal itu juga membantu saya dalam mengambil keputusan yang tepat dalam pekerjaan sehari-hari.”
Indah Sundari J, S. Psi., M. Psi., Psikolog
Psikolog, Content Creator, TV Host, Spokesperson
“Menjalani Pendidikan Magister Profesi Psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran merupakan pengalaman yang sangat berkesan dan berharga bagi saya, terutama ketika saya mendapatkan kesempatan praktik kerja menangani beragam kasus anak dan remaja. Saya mempelajari Ilmu Psikologi, langsung dari pakar dan ahli di bidang Psikologi. Perkuliahan yang dijalani menjadi bekal pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai untuk saya menjalankan praktik psikologi di bidang Klinis Anak saat ini. Dukungan dari para dosen dan teman-teman seangkatan membuat saya semakin termotivasi untuk terus belajar dan berkembang. Pengalaman ini tidak hanya memperkuat kemampuan profesional saya, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai penting seperti kerja sama, integritas, komitmen terhadap kesejahteraan klien, dan pengalaman untuk mempersiapan untuk menghadapi tantangan dalam praktik psikologi klinis.”
Anggit Sukmawati
Psikolog Klinis Anak dan Remaja di Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadjaran (PIP Unpad)Alumni Testimonials

“Ilmu Psikologi yang dapat diaplikasikan ke semua bidang, sangat sesuai dengan passion saya dealing with people. Ini juga yang menjadi dasar saya dalam menjalankan bisnis.”
Yana Fajarai
Psikologi 2009 <br>Founder Perusahaan ABC
“Keprihatinan terhadap perkembangan media di Indonesia membawa saya ingin menghadirkan media PT Mencerdaskan Anak Bangsa dan ingin menjadi manusia yang bermanfaat kepada sesama. Apa yang saya kerjakan, tidak terlepas dari peran networking alumni UPH.”
Indra Yudhayana
Psikologi 2009<br>Founder Perusahaan ABC
“Karier yang saya miliki hari ini tidak mungkin terjadi tanpa pengenalan yang utuh dan terintegrasi tentang psikologi serta pembentukan karakter yang matang pada saat belajar di UPH.”
Yana Fajarai
Psikologi 2009<br>Founder Perusahaan ABC
Keinginan dan keputusan terbaik setelah lulusan kuliah ada ingin kuliah di Psikologi Unpad.
John Mira
Psikologi 2024<br>EntreprenurTempat Praktik Kerja Profesi Psikologi (PKPP)
Selama menjalani masa studi di Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Mapro Fapsi Unpad), mahasiswa akan menghadapi berbagai tantangan dan peluang untuk mengembangkan keterampilan profesional mereka. Salah satu tahapan penting dalam perjalanan akademis dan keprofesian adalah pelaksanaan Praktik Kerja Profesi Psikologi (PKPP). Praktik Kerja Profesi Psikologi merupakan sarana untuk melatih mahasiswa melakukan praktik profesi psikologi secara profesional dan mendasarkan pada bukti empiris serta kode etik psikologi Indonesia sesuai dengan majoringnya. Magister Psikologi Profesi (S2) Fakultas Psikologi Unpad bekerjasama dengan berbagai pihak instansi, lembaga, dan perusahaan sebagai wahana mahasiswa melakukan pendidikan praktik keprofesiannya.
